Sabtu, Juni 22, 2013

Selamat Ulang Tahun, Jakarta!

Tepat hari ini, Sabtu, 22 Juni 2013, Jakarta merayakan hari jadinya yang ke-486. Sebuah angka yang menggambarkan betapa lamanya ibukota negara kita ini telah berdiri. Jakarta, yang merupakan ibukota negara Indonesia, merupakan salah satu kota terpadat di Indonesia, bahkan dunia. Dengan segala aktivitas, fasilitas, dan perputaran uang yang terjadi di dalamnya, membuat kota Jakarta menjadi pasat dan semakin padat setiap tahunnya. Yap, Jakarta, kota yang "dibenci" tapi "dicintai".

Dibenci karena semakin banyaknya penduduk dan bangunan yang ada membuat jalanan macet -bahkan sudah menjadi hal yang biasa- dan banjir apabila hujan turun. Dicintai karena di sini lah roda ekonomi berputar paling cepat, di samping karena pusat pemerintahan yang memang ada di Jakarta. Banyak pendatang dari luar kota yang datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Walaupun ada pepatah mengatakan "Ibukota lebih kejam daripada ibu tiri", tapi hal tersebut tak mengendurkan niat para pendatang untuk mengais rezeki di ibu kota.


Ibukota memang lebih kejam daripada ibu tiri. Di ibukota negara kita ini, kita harus bisa menyesuaikan diri dengan kerasnya Jakarta. Padatnya Jakarta memang mengakibatkan munculnya kejahatan-kejahatan yang mungkin akan menimpa kita. Mulai dari pencopetan, penodongan, sampai penghipnotisan. Selain itu, masih banyak pula yang menjadi gelandangan karena tidak memiliki keterampilan untuk bekerja di Jakarta. Ya, itulah Jakarta. Di balik gemerlap dan menjulangnya gedung-gedung di ibukota, terselip kegelapan yang masih harus dibenahi untuk menjadikan Jakarta lebih baik lagi.

Namun, Jakarta tetaplah Jakarta. Kota yang selalu dirindukan oleh penduduknya. Kota Jakarta juga merupakan kota yang penuh kenangan bagi saya. Satu tahun lebih merasakan bangku kuliah di ibukota, sudah sangat cukup bagi saya untuk merasakan warna-warni Jakarta. Mungkin hampir semua hal sudah pernah saya rasakan di Jakarta, mulai dari merasakan indahnya malam ibukota hingga hilangnya handphone saya. Haha.

Ya, bagaimana pun Jakarta sekarang, masih banyak waktu ke depan untuk membuat Jakarta menjadi lebih baik lagi. Pemerintah pun sudah mencanangkan pembangunan monorail untuk MRT -salah satu angkutan umum yang saya tunggu-tunggu :D- demi mengurangi kemacetan di Jakarta. Penambahan armada Trans Jakarta yang sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu juga menjadi salah satu langkah nyata pemerintah untuk mengurangi kemacetan. Kita sebagai warga biasa hanya bisa berdoa semoga apa-apa yang sudah dan akan pemerintah lakukan untuk Jakarta dapat menjadikan Jakarta menjadi lebih dan lebih baik lagi.

Terakhir, SELAMAT ULANG TAHUN JAKARTA YANG KE-486.
JAKARTA BARU, JAKARTA KITA =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar